Nama : MOKH. FATKHUR ROKHMAN
Nim :
01214039
1.
SEJARAH
PERUSAHAAN :
Restoran Warung Dimsum Mbledos pertama kali dibuka
pada tahun 2012 dan masih tetap bertahan dengan kondisi yang selalu ramai.
Diawalai dengan pembukaan mulai harga yang masih Rp. 6000/porsi dimsum nya,
restoran warung dimsum mbledos sudah mampu menjual hingga 2700 porsi dalam satu
malam hingga meraih predikat restoran dimsum terlaris no.1 di indonesia.
Pada tahun 2012 restoran warung dimsum mbledos masih
mengawali dengan menu menu sederhana seperti dimsum kukus, dimsum goreng, bubur
taiwan, mie ramen, dan tomyam nya. Dalam kondisi tempat yang masih belum cukup
luas yang hanya sekitar 27 meja makan saja, namun saat ini warung dimsum
mbledos sudah mampu menampung 39 meja makan untuk pelanggan nya.
Pada tahun 2014 warung dimsum mbledos juga memiliki
strategi pemasaran dengan membuka jasa atau layanan prancise atau yang biasa
disebut dengan jual putus.
warung dimsum mbledos membuka layanan jasa tersebut
bagi orang yang ingin memiliki bisnis yang sama menjual makanan dimsum. Dengan
tawaran harga yang cukup menarik hanya 8 juta, pembuka usaha sudah bisa
mendapat rombong kecil ditambah dengan 250 porsi dimsum untuk awal usaha nya
dan masih banyak lagi tawaran harga dengan tambahan yang berbeda beda.
Tidak hanya itu saja, warung dimsum mbledos juga
menawarkan penjualan resep menu spesialnya seperti bubur taiwan atau tomyam nya
dengan bandrol harga yang tidak kalah menarik.
pada tahun 2016 Dengan layanan jasa francise nya
kini warung dimsum mbledos sudah memiliki banyak sekali partner usaha yang
dibuka di kota yang berbeda hingga di luar pulau jawa seperti kalimantan.
2.
STRUKTUR
ORGANISASI :
VISI :
Dimsum Mbledos Memiliki Visi Ingin Menjadi Warung
Wisata Kuliner Terdepan, Terlaris Dan Terbaik Di Indonesia. Tetap Eksis Dan
Survive Dalam Waktu Yang Lama Dan Menjadi Inspirasi Bagi Pelaku Bisnis Kuliner
Lain. Meningkatkan Kesejahteraan Bagi Masyarakat Setempat Atau Kalangan Orang
Banyak, Pemilik, Karyawan Dan Partner Kerja.
MISI :
Mampu Menyediakan Makanan Menu Luar Negeri Yang
Selama Ini Di Kenal Mewah Dengan Harga Yang Mahal Dan Bercita Rasa
Internasional Tapi Kami Mampu Menjualnya Dengan Harga Emperan. Selalu
Meningkatkan Pelayanan, Kebersihan, Kualitas Makanan, Dekorasi Terunik Dan
Memiliki Karakteristik Yang Tidak Dimilik Tempat Lain. Mengedepankan
Kreativitas Dan Inovasi Yang Selalu Berkembang Maju Mengikuti Trend Yang Lagi
Berkembang Di Dunia.
3.
TUJUAN
:
Menjadi pemimpin pasar no 1 dalam bisnis makanan
dimsum.
Menciptakan kepuasan pelanggan dan karyawan warung dimsum
mbledos.
Yaitu kondisi
keuangan warung dimsum mbledos yang sehat, mampu menciptakan laba yang memadai
untuk perkembangan dan kelangsungan hidup perusahaan di masa mendatang.
4.
SASARAN
:
Restoran maampu
menjadi rumah makan terlaris dan terkenal di indonesia yang menyajikan makanan
dimsum.
1. Melakukan objek operasi marketing di kawasan surabaya
hingga luar kota.
2. Meningkatkan pelayanan jasa dalam pembukaan usaha
rumah makan baru / franchise (jual putus).
3. Melakukan renovasi suasana / tampilan restoran untuk
menarik pelanggan baru dan membuat pelanggan lama tetap nyaman.
4. Menjaga kualitas rasa dari berbagai menu yg disajikan.
5. Meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja karyawan.
VALUE CHAIN MODEL M.PORTER :
Logistik kedalam
: dapur, produksi
Operasi : waiter / waiters (karyawan)
Logistik
keluar : price , display
Pemasaran : franchise (jual putus)
Pelayanan : karyawan , pembayaran via card
debit/kredit
5. ANALISI SMART
SIMPLE
:
Smart
merupakan poin analisis dimana tujuan harus dirumuskan dalam suatu yang
sederhana dan mudah dipahami oleh semua anggota perusahaan . Menurut saya
warung dimsum mbledos mempunyai visi dan misi yang belum pasti atau jelas dalam
perusahaannya, karena bos tidak ada nya komunikasi dengan karyawannya maupun
manajernya oleh karena itu perusahaan ini inti nya harus bukak dan terus
menjula makan dan minuman. Dan manajernya tidak ada inofasi atau gebrakan di
warung dimsum tersebut .
Warung dimsum sehari mampu menjual
produk dimsum sampai 700 porsi di hari senin – kamis, hari jumat sampai minggu
mampu menjual dimsum sampai seribu porsi belum
menu yang lain. Oleh karena itu dalam jangka waktu selama 1 tahun mampu meraih uang sebesar 5 milyar, dan
seiringnya waktu bos nya membuat frances bagi pengusaha kuliner atau makanan
khas china tersebut,
APLIKABLE :
Iklan,
bener dan tempat bungkus yang sudah ada lebel halal nya yang terjamin maka dari
itu bagi orang islam tidak takut untuk mencoba makanan china tersebut karena
bahan yang digunakan tidak mengandung makanan haram dan minuman berakohol. Oleh
karena itu banyak orang islam yang makan di tempat itu.
Dengan
perkembangan jaman tempat ini selalu merenovasi tapi vasilitas tidak di update
karena masih mementingkan alat tradisional nya yang unik, karena itu tempat
warung dimsum mbledos ini sebuah restoran makan yang bertema seperti warung
tapi pelayanannya di tuntut untuk standat propesional dan SDM di sana masi
lemah. Maka dari itu perlu adanya sebuah pemimpin yang berwawasan,
berpengalaman dan propesional untuk memajukan warung dimsum mbledos,
mensejahterakan karyawannya juga.
TIME ABLE :
Pada tahun
2012 sampai 2015 warung dimsum ini sangat lah ramai di bandingkan yang lainnya
karena dalam segi harga juga paling murah dan kualitas makanan nya pun tidak di
ragukan lagi, dengan meningkatnya penghasialan yang dimili warung dimsum
mbledos ini mengembangkan produk-produk baru seperti suki , hotplat dan sate
dll.
6.
ANALYSIS SWOT
:
Strengh :
1.
kualitas
rasa produk jajanan dimsum yang lezat.
2.
Promosi
produk dan pelayanan jasa franchise.
3.
Menjaga
hubungan baik dengan mitra usaha serta konsumen.
4.
Mempunyai
pelanggan tetap
Weaknes :
1.
Perlakuan
sdm di restoran tidak merata.
2.
Sarana
dan prasarana bagi konsumen belum terpenuhi dengan maksimal.
3.
Kurangnya
lahan untuk tempat parkir pelanggan.
Opportunity :
1.
perusahaaan
mampu mengembangkan usaha maksimal dengan minim nya pesaing dalam usaha bidang jajanan
dimsum di kawasan surabaya.
2.
Lokasi
restoran yang mendukung ( strategis pinggir jalan besar )
3.
Perusahaan
mampu mengirim hasil produk dimsum ke luar pulau.
Threat
:
1.adanya pesaing usaha jajanan
lain yang berkualitas baik dalam rasa, nuansa Dan Pemasaran.
2.harga produk pesaing
yang rendah dan terjangkau.
7.
SUMBER
DAYA YANG DIMILIKI :
1. Sumber
Daya Yang Berwujud
·
Harga yang murah dan terjangkau oleh
semuah kalangan
·
Outlet
yang nyaman dan mewah
·
Sudah
mempunyai lebel sendiri dalam kemasannya
·
Produk
nya sangat banyak
·
Lebel
halal
2. Sumber Daya Yang Tak Berwujud
·
Restorannya sudah terkenal oleh
masyarakat
·
Produk nya membuat sendiri
·
Restoran berkonsep warung
·
Susana tempat sepeti di china
·
Pelayanan yang sangat baik dan rama
·
Karyawan nya kompak
·
Pelayanan nya sangat cepat
KEMAMPUAN INTI :
·
Harga sangat murah di bandingkan dengan
yang lainnya
·
Harga terjangkau oleh semuah kalangan
orang mengah ke atas dan bawah
·
Makanan nya enak2
·
Sudah memiliki lebel sendiri
9. KEUNGGULAN BERSAING YANG BERKESINAMBUNGAN :
Warung 'Mbledos' dimsum tak hanya seperti warung
biasa dalam setiap pelayanannya, namun kita punya VISI dan MISI yg bisa membuat
kita berkiblat penuh dan berdedikasi tinggi dalam setiap hal yg di kerjakan.
Para shief dan koki mampu menciptakana resep baru
yang menjadikan sebuah produk yang enak dan tampilannya sangat menarik di
bandingkan dengan yang lainnya, soal rasa memang paling enak dan bagus karena bahan
yang digunakan saat membuat makanan itu fres dan masih segar bahan-bahannya.
Walaupun makanannya makanan china bahan yang kami
buat tidak mengandung bahan babi, karena mayoritas pembili kami yaitu rata-rata
kebanyakan orang beragama islam semua. Maka dari itu produk bahan-bahan kami
gunakan yaitu seperti : udang , ayam , sayuran , telor , tahu dan roti.
10. DAYA SAING :
Pada saat pembukaan restoran ini sanga lah ramai
pembeli sampai 1 malam menghabiskan 2700 porsi, karena harga yang sangat murah
sendiri yaitu 6000 perposi. Di bandingkan yang lain atau di mall harga masih
mahal dan belum terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah.
dengan seiringnya waktu restoran dimsum mbledos ini
mengembangkan menu-menu baru yang unik dan enak, cita rasa makanannya masih
tetap enak dan nomer 1 di indonesia.mengembangkan tempat nya atau merenovasi
tempatnya menjadi lebih baik dan menambah karyawan agar semua berjalan dengan
lancar & baik hingga mampu melayani castamer dengan propesional agar
castamer merasa puas dan kembali lagi.
Value Chain
model M.Porter Warung Dimsum
Mbledos :
ANALISIS IFAS DAN EFAS :
Faktor
Intern
|
Strength
/ Weakness
|
Operasi
|
+ Melakukan penjualan ,
penawarkan dan pelayanan
dengan propesional
- Kurangnya control stock bahan
baku, peralatan dan vasilitas perusahaan
|
Marketing
|
+ Punya jaringan dengan system
marketing yang meluas
-
Kurangnya Diskon produk/ promo pemasaran
|
Keuangan
|
+ Mendapat pasokan dana dari
profit penjualan
- Tidak adanya dana tambahan dari
sponsor atau pihak lain.
|
Personalia
|
+
Skill Manajer , suvervasior,
kapten, koki dan karyawan
yang berpengalaman
-
Adanya karyawan yang baru dan belum berpengalaman sama sekali
|
Manajemen
|
+ sudah tersusunya pihak
manajerial dan system kerja yang terorganisir
- Tidak Memiliki SOP berstandart
ISO dan BPJS
|
Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Kekuatan (Strength) :
Faktor strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Melakukan penjualan dan pelayanan dengan
maksimal
|
4
|
0.21
|
4
|
0.84
|
Punya jaringan dengan system marketing yang
meluas
|
3
|
0.16
|
2
|
0.32
|
Mendapat pasokan dana dari profit penjualan
|
4
|
0.21
|
4
|
0.84
|
Skill koki dan karyawan yang berpengalaman
|
4
|
0.21
|
3
|
0.63
|
sudah tersusunya pihak manajerial dan system
kerja yang terorganisir
|
4
|
0.21
|
4
|
0.84
|
Nilai Total
|
19
|
1
|
17
|
3.47
|
1.= Sedikit penting 1.= Sedikit kuat
2.= Agak penting 2.= Agak kuat
3.= Penting 3.= Kuat
4.= Sangat penting 4.= Sangat kuat
Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Kelemahan (Weaknes) :
Faktor strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Kurangnya control stock bahan dan peralatan
lain
|
4
|
0.27
|
-2
|
-0.54
|
Kurangnya pengadaan event / promo pemasaran
|
2
|
0.13
|
-3
|
-0.39
|
Tidak adanya dana tambahan dari sponsor atau
pihak lain
|
2
|
0.13
|
-3
|
-0.39
|
Adanya karyawan yang baru dan belum
berpengalaman
|
3
|
0.2
|
-1
|
-0.2
|
Tidak Memiliki SOP berstandart ISO
|
4
|
0.27
|
-4
|
-1.08
|
Total
|
15
|
1
|
-13
|
-2,6
|
\
:
Total Ifas = Strength-Weakness
= 3.47- -2,6
= 0.87
Contoh Kondisi ekstern Perusahaan Strategic Advantage Profile( SAP )
Faktor ekstern
|
Opportunity / threats
|
Operasi
|
+ Mampu menambah tingkat profit penjualan
- Tidak
bisa mensejahterakan karyawannya
|
Marketing
|
-
Munculnya pesaing baru dengan produk yang sama
|
Pesaing
|
+ bekerja sama dan menjadi cerminan inovasi
baru
- Pesaing yang selalu mengembangkan inovasi
pada segi tampilan hingga cita rasa
|
Personalia
|
+ bisa
menempati posisi sesuai skill dan kemauan
-
Karyawan yang bersaing satu sama lainnya
|
Manajemen
|
+ penilaian
dan evaluasi kinerja setiap 6 bulan
- Kurang tegasnya pimpinan dan system yang masih kacau
|
Tanda + berarti Strength ; tanda –
berarti weakness. Dalam SAP diatas terdiri dari 8 + dan 7 – in Tanda i berarti
S lebihbanyak 1 poin dibandingkan dengan W
Kuesioner
ekstern Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui peluang (opportunity)
:
Efas untuk mengetahui peluang dari perusahaan
Faktor strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Mampu menambah tingkat profit penjualan
|
3
|
0.2
|
3
|
0.6
|
mampu menganalisis peluang dan pangsa pasar
yang ada
|
3
|
0.2
|
2
|
0.4
|
bekerja sama dan menjadi cerminan inovasi baru
|
4
|
0.27
|
3
|
0.81
|
bisa menempati posisi sesuai skill dan kemauan
|
2
|
0.13
|
2
|
0.26
|
penilaian dan evaluasi kinerja setiap 6 bulan
|
3
|
0.2
|
2
|
0.4
|
Nilai Total
|
15
|
1
|
12
|
2.47
|
Kuesioner
eksternal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Ancaman (threats)
:
Faktor strategis
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Tidak bisa menambah
cabang / franchise di daerah tertentu
|
3
|
0.19
|
-2
|
-0.38
|
Munculnya pesaing
baru dengan produk yang sama
|
4
|
0.25
|
-3
|
-0.75
|
Pesaing yang selalu
mengembangkan inovasi pada segi tampilan hingga cita rasa
|
3
|
0.19
|
-3
|
-0.57
|
Karyawan yang
bersaing
|
2
|
0.12
|
-2
|
-0.24
|
kurang tegasnya
aturan dan system yg sudah ada
|
4
|
0.25
|
-3
|
-0.75
|
Total
|
16
|
1
|
-13
|
-2.69
|
Titanium Alloys | TITIAN LIG. TECHNICAL GAMES
BalasHapusAlloys is a new high quality cobalt vs titanium drill bits game cartridge that contains the entire cartridge of each titanium camping cookware of titanium money clip the following games: Sonic columbia titanium pants Boom, Sonic & titanium pot Knuckles, $9.99 · Out of stock