Jumat, 21 April 2017

Management Strategik Analysis Perusahaan CV ( Warung Dimsum-Mbledos )


Nama : MOKH. FATKHUR ROKHMAN
Nim    : 01214039





1.      SEJARAH PERUSAHAAN :

Restoran Warung Dimsum Mbledos pertama kali dibuka pada tahun 2012 dan masih tetap bertahan dengan kondisi yang selalu ramai. Diawalai dengan pembukaan mulai harga yang masih Rp. 6000/porsi dimsum nya, restoran warung dimsum mbledos sudah mampu menjual hingga 2700 porsi dalam satu malam hingga meraih predikat restoran dimsum terlaris no.1 di indonesia.
Pada tahun 2012 restoran warung dimsum mbledos masih mengawali dengan menu menu sederhana seperti dimsum kukus, dimsum goreng, bubur taiwan, mie ramen, dan tomyam nya. Dalam kondisi tempat yang masih belum cukup luas yang hanya sekitar 27 meja makan saja, namun saat ini warung dimsum mbledos sudah mampu menampung 39 meja makan untuk pelanggan nya.
Pada tahun 2014 warung dimsum mbledos juga memiliki strategi pemasaran dengan membuka jasa atau layanan prancise atau yang biasa disebut dengan jual putus.
warung dimsum mbledos membuka layanan jasa tersebut bagi orang yang ingin memiliki bisnis yang sama menjual makanan dimsum. Dengan tawaran harga yang cukup menarik hanya 8 juta, pembuka usaha sudah bisa mendapat rombong kecil ditambah dengan 250 porsi dimsum untuk awal usaha nya dan masih banyak lagi tawaran harga dengan tambahan yang berbeda beda.
Tidak hanya itu saja, warung dimsum mbledos juga menawarkan penjualan resep menu spesialnya seperti bubur taiwan atau tomyam nya dengan bandrol harga yang tidak kalah menarik.
pada tahun 2016 Dengan layanan jasa francise nya kini warung dimsum mbledos sudah memiliki banyak sekali partner usaha yang dibuka di kota yang berbeda hingga di luar pulau jawa seperti kalimantan.


2.      STRUKTUR ORGANISASI :





VISI :

Dimsum Mbledos Memiliki Visi Ingin Menjadi Warung Wisata Kuliner Terdepan, Terlaris Dan Terbaik Di Indonesia. Tetap Eksis Dan Survive Dalam Waktu Yang Lama Dan Menjadi Inspirasi Bagi Pelaku Bisnis Kuliner Lain. Meningkatkan Kesejahteraan Bagi Masyarakat Setempat Atau Kalangan Orang Banyak, Pemilik, Karyawan Dan Partner Kerja.


MISI :


Mampu Menyediakan Makanan Menu Luar Negeri Yang Selama Ini Di Kenal Mewah Dengan Harga Yang Mahal Dan Bercita Rasa Internasional Tapi Kami Mampu Menjualnya Dengan Harga Emperan. Selalu Meningkatkan Pelayanan, Kebersihan, Kualitas Makanan, Dekorasi Terunik Dan Memiliki Karakteristik Yang Tidak Dimilik Tempat Lain. Mengedepankan Kreativitas Dan Inovasi Yang Selalu Berkembang Maju Mengikuti Trend Yang Lagi Berkembang Di Dunia.




3.      TUJUAN :

Menjadi pemimpin pasar no 1 dalam bisnis makanan dimsum.
Menciptakan kepuasan pelanggan dan karyawan warung dimsum mbledos.
 Yaitu kondisi keuangan warung dimsum mbledos yang sehat, mampu menciptakan laba yang memadai untuk perkembangan dan kelangsungan hidup perusahaan di masa mendatang.

4.      SASARAN :

Restoran maampu menjadi rumah makan terlaris dan terkenal di indonesia yang menyajikan makanan dimsum.

STRATEGI :

1.      Melakukan objek operasi marketing di kawasan surabaya hingga luar kota.
2.      Meningkatkan pelayanan jasa dalam pembukaan usaha rumah makan baru / franchise (jual putus).
3.      Melakukan renovasi suasana / tampilan restoran untuk menarik pelanggan baru dan membuat pelanggan lama tetap nyaman.
4.      Menjaga kualitas rasa dari berbagai menu yg disajikan.
5.      Meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja karyawan.


VALUE CHAIN MODEL M.PORTER :

Logistik kedalam : dapur, produksi
Operasi                 : waiter / waiters (karyawan)
Logistik keluar     : price , display
Pemasaran           : franchise (jual putus)
Pelayanan            : karyawan , pembayaran via card debit/kredit





5.      ANALISI SMART

SIMPLE :

Smart merupakan poin analisis dimana tujuan harus dirumuskan dalam suatu yang sederhana dan mudah dipahami oleh semua anggota perusahaan . Menurut saya warung dimsum mbledos mempunyai visi dan misi yang belum pasti atau jelas dalam perusahaannya, karena bos tidak ada nya komunikasi dengan karyawannya maupun manajernya oleh karena itu perusahaan ini inti nya harus bukak dan terus menjula makan dan minuman. Dan manajernya tidak ada inofasi atau gebrakan di warung dimsum tersebut .

MEASURABLE :

Warung dimsum sehari mampu menjual produk dimsum sampai 700 porsi di hari senin – kamis, hari jumat sampai minggu mampu menjual dimsum sampai seribu porsi belum  menu yang lain. Oleh karena itu dalam jangka waktu selama 1 tahun  mampu meraih uang sebesar 5 milyar, dan seiringnya waktu bos nya membuat frances bagi pengusaha kuliner atau makanan khas china tersebut,

APLIKABLE  :

Iklan, bener dan tempat bungkus yang sudah ada lebel halal nya yang terjamin maka dari itu bagi orang islam tidak takut untuk mencoba makanan china tersebut karena bahan yang digunakan tidak mengandung makanan haram dan minuman berakohol. Oleh karena itu banyak orang islam yang makan di tempat itu.

Dengan perkembangan jaman tempat ini selalu merenovasi tapi vasilitas tidak di update karena masih mementingkan alat tradisional nya yang unik, karena itu tempat warung dimsum mbledos ini sebuah restoran makan yang bertema seperti warung tapi pelayanannya di tuntut untuk standat propesional dan SDM di sana masi lemah. Maka dari itu perlu adanya sebuah pemimpin yang berwawasan, berpengalaman dan propesional untuk memajukan warung dimsum mbledos, mensejahterakan karyawannya juga.

TIME ABLE :

Pada tahun 2012 sampai 2015 warung dimsum ini sangat lah ramai di bandingkan yang lainnya karena dalam segi harga juga paling murah dan kualitas makanan nya pun tidak di ragukan lagi, dengan meningkatnya penghasialan yang dimili warung dimsum mbledos ini mengembangkan produk-produk baru seperti suki , hotplat dan sate dll.

6.      ANALYSIS SWOT :

Strengh :

1.      kualitas rasa produk jajanan dimsum yang lezat.
2.      Promosi produk dan pelayanan jasa franchise.
3.      Menjaga hubungan baik dengan mitra usaha serta konsumen.
4.      Mempunyai pelanggan tetap

Weaknes :

1.      Perlakuan sdm di restoran tidak merata.
2.      Sarana dan prasarana bagi konsumen belum terpenuhi dengan maksimal.
3.      Kurangnya lahan untuk tempat  parkir pelanggan.

Opportunity :

1.      perusahaaan mampu mengembangkan usaha maksimal dengan minim nya pesaing dalam usaha bidang jajanan dimsum di kawasan surabaya.
2.      Lokasi restoran yang mendukung ( strategis pinggir jalan besar )
3.      Perusahaan mampu mengirim hasil produk dimsum ke luar pulau.


         Threat : 

                        1.adanya pesaing usaha jajanan lain yang berkualitas baik dalam rasa, nuansa                          Dan Pemasaran.
                        2.harga produk pesaing yang rendah dan terjangkau.


7.      SUMBER DAYA YANG DIMILIKI : 

1.      Sumber Daya Yang Berwujud
·         Harga yang murah dan terjangkau oleh semuah kalangan
·         Outlet yang nyaman dan mewah
·         Sudah mempunyai lebel sendiri dalam kemasannya
·         Produk nya sangat banyak
·         Lebel halal

2.       Sumber Daya Yang Tak Berwujud
·         Restorannya sudah terkenal oleh masyarakat
·         Produk nya membuat sendiri 

8.    KEMAMPUAN :

·         Restoran berkonsep warung
·         Susana tempat sepeti di china
·         Pelayanan yang sangat baik dan rama
·         Karyawan nya kompak
·         Pelayanan nya sangat cepat


 KEMAMPUAN INTI : 

·         Harga sangat murah di bandingkan dengan yang lainnya
·         Harga terjangkau oleh semuah kalangan orang mengah ke atas dan bawah
·         Makanan nya enak2
·         Sudah memiliki lebel sendiri 


 9.  KEUNGGULAN BERSAING YANG BERKESINAMBUNGAN :

Warung 'Mbledos' dimsum tak hanya seperti warung biasa dalam setiap pelayanannya, namun kita punya VISI dan MISI yg bisa membuat kita berkiblat penuh dan berdedikasi tinggi dalam setiap hal yg di kerjakan.
 Para shief dan koki mampu menciptakana resep baru yang menjadikan sebuah produk yang enak dan tampilannya sangat menarik di bandingkan dengan yang lainnya, soal rasa memang paling enak dan bagus karena bahan yang digunakan saat membuat makanan itu fres dan masih segar bahan-bahannya.
Walaupun makanannya makanan china bahan yang kami buat tidak mengandung bahan babi, karena mayoritas pembili kami yaitu rata-rata kebanyakan orang beragama islam semua. Maka dari itu produk bahan-bahan kami gunakan yaitu seperti : udang , ayam , sayuran , telor , tahu dan roti. 

    10.  DAYA SAING :

    Pada saat pembukaan restoran ini sanga lah ramai pembeli sampai 1 malam menghabiskan 2700 porsi, karena harga yang sangat murah sendiri yaitu 6000 perposi. Di bandingkan yang lain atau di mall harga masih mahal dan belum terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah.
dengan seiringnya waktu restoran dimsum mbledos ini mengembangkan menu-menu baru yang unik dan enak, cita rasa makanannya masih tetap enak dan nomer 1 di indonesia.mengembangkan tempat nya atau merenovasi tempatnya menjadi lebih baik dan menambah karyawan agar semua berjalan dengan lancar & baik hingga mampu melayani castamer dengan propesional agar castamer merasa puas dan kembali lagi.



Value Chain model M.Porter Warung Dimsum Mbledos :






ANALISIS IFAS DAN EFAS :





Faktor Intern
Strength / Weakness
Operasi
+ Melakukan penjualan , penawarkan dan pelayanan dengan propesional
- Kurangnya control stock bahan baku, peralatan  dan vasilitas perusahaan
Marketing
+ Punya jaringan dengan system marketing yang meluas
-  Kurangnya Diskon produk/ promo pemasaran
Keuangan
+ Mendapat pasokan dana dari profit penjualan
- Tidak adanya dana tambahan dari sponsor atau pihak lain.
Personalia
+ Skill Manajer , suvervasior, kapten, koki dan karyawan yang berpengalaman
-  Adanya karyawan yang baru dan belum berpengalaman  sama sekali
Manajemen
+ sudah tersusunya pihak manajerial dan system kerja yang terorganisir
- Tidak Memiliki SOP berstandart ISO dan BPJS

























Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Kekuatan (Strength) :


Faktor strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Melakukan penjualan dan pelayanan dengan maksimal
 4
0.21
4
0.84
Punya jaringan dengan system marketing yang meluas
 3
0.16
 2
0.32 
Mendapat pasokan dana dari profit penjualan
 4
0.21

 4
0.84
Skill koki dan karyawan yang berpengalaman
4
0.21
3
0.63
sudah tersusunya pihak manajerial dan system kerja yang terorganisir
4
0.21
4
0.84
 Nilai Total
19
 1
 17
3.47 

   Ukuran pembobotan :                                                           Ukuran ranting kekuatan
1.= Sedikit penting                                                                   1.= Sedikit kuat
2.= Agak penting                                                                     2.= Agak kuat
3.= Penting                                                                              3.= Kuat
4.= Sangat penting                                                                   4.= Sangat kuat


Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Kelemahan (Weaknes) :


Faktor strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Kurangnya control stock bahan dan peralatan lain
 4
 0.27
 -2
-0.54 
Kurangnya pengadaan event / promo pemasaran
 2
 0.13
 -3
-0.39 
Tidak adanya dana tambahan dari sponsor atau pihak lain
 2
 0.13
 -3
-0.39 
Adanya karyawan yang baru dan belum berpengalaman
 3
 0.2
 -1
 -0.2
Tidak Memiliki SOP berstandart ISO
 4
 0.27
 -4
 -1.08
Total
 15
 1
 -13
 -2,6











\



:


  Total Ifas = Strength-Weakness
                                                                        = 3.47- -2,6
                                                                        = 0.87


 Contoh Kondisi ekstern Perusahaan Strategic Advantage Profile( SAP ) 
Faktor ekstern
Opportunity / threats
Operasi
+ Mampu menambah tingkat profit penjualan
-  Tidak bisa mensejahterakan karyawannya
Marketing
 + mampu menganalisis peluang dan pangsa pasar yang ada
-  Munculnya pesaing baru dengan produk yang sama
Pesaing
+ bekerja sama dan menjadi cerminan inovasi baru
- Pesaing yang selalu mengembangkan inovasi pada segi tampilan hingga cita rasa
Personalia
+ bisa menempati posisi sesuai skill dan kemauan
-  Karyawan yang bersaing satu sama lainnya
Manajemen
+ penilaian dan evaluasi kinerja setiap  6 bulan
- Kurang tegasnya pimpinan dan system yang masih kacau
Tanda + berarti Strength ; tanda – berarti weakness. Dalam SAP diatas terdiri dari 8 + dan 7 – in Tanda i berarti S lebihbanyak 1 poin dibandingkan dengan W
Kuesioner ekstern Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui peluang (opportunity) :
  
Efas untuk mengetahui peluang dari perusahaan
Faktor strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Mampu menambah tingkat profit penjualan
 3
0.2
3
0.6
mampu menganalisis peluang dan pangsa pasar yang ada
 3
0.2
 2
0.4
bekerja sama dan menjadi cerminan inovasi baru
 4
0.27

 3
0.81
bisa menempati posisi sesuai skill dan kemauan
2
0.13
2
0.26
penilaian dan evaluasi kinerja setiap  6 bulan
3
0.2
2
0.4
 Nilai Total
15
 1
 12
2.47


Kuesioner eksternal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Ancaman (threats) :
Faktor strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Tidak bisa menambah cabang / franchise di daerah tertentu
 3
 0.19
 -2
-0.38
Munculnya pesaing baru dengan produk yang sama
 4
 0.25
 -3
-0.75
Pesaing yang selalu mengembangkan inovasi pada segi tampilan hingga cita rasa
 3
 0.19
 -3
-0.57
Karyawan yang bersaing
 2
 0.12
 -2
 -0.24
kurang tegasnya aturan dan system yg sudah ada
 4
 0.25
 -3
 -0.75
Total
 16
 1
 -13
 -2.69

MATRIKS SWOT :

Diagram Strategi pada Waroeng Mbledos Dimsum :





























1 komentar:

  1. Titanium Alloys | TITIAN LIG. TECHNICAL GAMES
    Alloys is a new high quality cobalt vs titanium drill bits game cartridge that contains the entire cartridge of each titanium camping cookware of titanium money clip the following games: Sonic columbia titanium pants Boom, Sonic & titanium pot Knuckles, $9.99 · ‎Out of stock

    BalasHapus